Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Cepat Dan Rapih

 Cara Menulis Daftar Pustaka Otomatis 


(Airakyat) - Menulis daftar pustaka otomatis sangat penting menurut saya, karena dengan menulis daftar pustaka otomatis akan mempercepat kita dalam sebuah tugas contohnya dalam penulisan makalah. Selain itu penulisan daftar pustaka juga penting karena dalam penyusunan suatu karya tulis ilmiah, baik itu berbentuk buku, skripsi ataupun jurnal harus memiliki referensi yang valid.

Referensi-referensi bisa berupa artikel dari internet, dari jurnal lain yang masih relavan dengan karya tulis kita, dari buku. Dan semua referensi yang kita kutip (sebagai bahan penyusunan makalah atau jurnal kita), harus dimasukan kedalam daftar pustaka. Untuk itu penulisan daftar adalah hal yang wajib yang harus kamu sertakan untuk penulisan ilmiah.

Dalam menampilkan daftar pustaka harus memiliki aturan-aturan Seperti misalnya, nama belakang yang terbalik di tulis di depan. Judul dibuat miring dan juga aturan urutan dari nama, penulis, tahun terbit, judul buku hingga nama penerbit.

Lalu bagaimana cara membuat atau menulis daftar pustaka otomatis di Ms Word?

Perhatikan langkah-langkah cara membuat daftar pustaka otomatis di bawah ini sekaligus peraktikan agar anda lebih paham. Dibawah ini saya  sudah membuat cara menulis daftar pustaka otomatis di aplikasi Ms.Word 2010, twtapi bagi kamu yang beda aplikasi Ms.Word nya tidak menjadi masalah, karena cara menulisnya sama saja.

Dan langsung saja saya akan memberikan pengalaman saya dalam membuat daftar pustaka otomatis. Langsung Gassskeunnn!!!!

Langkah-langkah membuat daftar pustaka otomatis

1. Anda buka aplikasi Ms.Word 
2. Siapkan dokumen atau karya tulis yang sudah anda buat
3. Kalau sudah ada daftar pustaka yang belum dirapihkan, anda bisa copy dan masukan ke dalam Notepad atau bisa foto.

4. Lalu masukan  ke dalam notepad, agar mudah dalam penulisannya.


5. Untuk membuat daftar pustaka otomatis, anda bisa cari menu toolbar References lalu anda cari toolbar Manage Sources.

6. Setelah masuk tampilannya akan seperti ini

7. lalu anda masuk ke bagian New. Pilih Type of Source jenis referensi yang akan kita input. Isi kolom-kolom yang tersedia sesuai data yang diminta. Kemudian tampilannya akan seperti di bawah ini
.

Contoh Membuat Daftar Pustaka Otomatis Dari Buku dan Jurnal Artikel Web

Di bawah ini ada 2 contoh yang akan saya buat dalam pembuatan daftar pustaka dari refernsi buku dan jurnal artikel web. Langsung Saja Gassskeuunnn!!!!!

Membuat Daftar Pustaka Dari Refernsi Buku

1. Pilih Type of Source jenis referensi yang anda input. Misalnya, saya ngambil referensi dari buku.

2. Ketika anda lupa atau tidak tahu nama si penulis, anda bisa melihat dari notepad atau foto yang sudah disiapkan.
3. Isi Autor dengan nama si penulis buku, pilih edit. Lalu isi nama si penulis itu. 
4. Kemudian Isi bagian Tytle anda bisa mengisi Judul pada buku tersebut
5. Isi bagian Year anda bisa mengisi tahun penerbit pada buku tersebut.
6. Lalu anda isi bagian City anda bisa mengisi kota penerbit pada buku.
7. Kemudian isi bagian Publisher, anda bisa mengisi  penerbit buku tersebut
8. Ketika anda sudah mengisi semua, tampilannya akan seperti gambar di bawah ini.


Lalu anda klik ok. Dan tampilannya akan seperti gambar di bawah ini.


Membuat Daftar Pustaka Dari Refernsi Jurnal Artikel Web

1. Pilih Type of Source jenis referensi yang anda input. Misalnya, saya ngambil referensi dari Jurnal Artikel Web.
2. Ketika anda lupa atau tidak tahu nama si penulis, anda bisa melihat dari notepad atau foto yang sudah disiapkan.
3. Isi Autor dengan nama si penulis buku, pilih edit. Lalu masukan nama si penulis itu. 
4. Kemudian Isi bagian Tytle anda bisa mengisi Judul pada buku tersebut
5. Isi bagian Perodical Tytle anda bisa mengisi dari nama website 
6. Isi bagian Year anda bisa mengisi Tahun pembuatan pada artikel web tersebut.
7. Lalu isi Month anda bisa mengisi Bulan pembuatan pada artikel web tersebut.
8. Isi bagian Day anda bisa mengisi Hari pembuatan pada artikel web tersebut.
9. Terakhir isi bagian Pages anda bisa mengisi dari halaman berapa yang anda ambil.
Setelah selesai mengisi semua, tampilannya seperti gambar dibawah ini.


Lalu anda klik ok. Dan tampilannya akan seperti gambar di bawah ini.


Cara Menampilakan List Referensi Pada Daftar Pustaka 

Di atas saya sudah memberikan 2 contoh cara membuat daftar pustaka otomatis dari referensi Buku dan Artikel Jurbal Web. Anda tinggal menginput referensi-referensi lain sesuai jumlah referensi yang anda jadikan rujukan penulisan karya tulis dengan cara seperti 2 contoh di atas.

Setelah anda input, lalu bagaimana menampilkan list daftar referensi Daftar Pustaka ke halaman Ms. Word yang sudah anda siapkan ? 

Langkah-Langkah Cara Menampilkan List Pada Daftar Pustaka

1. Klik Bibliography
2. Klik Insert Bibliography

Lalu tampilannya akan seperti gambar di bawah ini.


Beginilah cara membuat daftar pustaka otomatis yang dapat saya contohkan. Sehingga jika referensi daftar pustakamu banyak (misal ada 15 lebih), kamu tidak perlu capek-capek mengurutkan nama pengarang sesuai abjad, tidak perlu memberi tanda kurung, membuat tulisan judul referensi miring dll.

Bagaimana para pengunjung, mudah kan dalam pembuatan Daftar Pustaka Otomatis? Tentu saja mudah dong wwkwk. Awalnya saya juga tidak tahu dalam pembuatan Daftar pustaka ini, saya juga awalnya pakai cara manual dalam pembuatannya. Setelah mengetahui cara membuat secara otomatis, saya merasa bodoh begitu wkwkw.

Sekian tutorial atau cara membuat daftar pustaka otomatis yang dapat saya sampaikan lewat chanel blog ini. Semoga para pengunjung semuanya bisa paham dan saran dari saya para pengunjung bisa langsung praktikan agar lebih mengerti. 

Saran dari penulis untuk para pengunjung, saya minta kritik atau saran bila ada salah dalam penulisan. Saya sangat mengharapkan saran dan kritik anda untuk membangun blog ini lebih baik lagi. Terima kasih banyak untuk anda semua yang sudah berkunjung ke chanel blog saya. Dukung terus Chanel Blog saya ya para pengunjung wkwkwk. Dukung terus Gaskeunn!!!!!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama