Tutorial Cara Membuat Denah Rumah Dengan Autocad

(Airakyat) - Sebagai siswa atau mahasiswa di jurusan Arsitek atau Teknik Sipil tentunya anda pasti akan ditugaskan menggambar denah. Terkadang dosen tidak memberikan istruksi untuk cara menggambar di AutoCAD jadi kita diwajibkan untuk belajar aplikasi Autocad ini secara mandiri. Sebenarnya untuk menggambar denah saja tidak begitu sulit apabila kalian sudah memahami Teknik-Teknik dasar perintah di AutoCAD. Tetapi jujur saja ketika saya mendapat tugas membuat denah dengan AutoCAD, saya sedikit bingung harus memulainya dari mana dan bagaimana. Saya yakin pemikiran anda sama seperti saya pada awal membuat denah. Sebelum memulai menggambar alangkah baiknya anda mengikuti artikel yang sudah saya buat. Dibawah ada cara menggambar denah sederhana.


Memulai Autocad

  1. Pertama aturlah satuan meter atau skala yang anda gunakan. Disini saya menggunakan satuan mm.
  2. Buatlah layer sesuai yang anda butuhkan, seperti gambar di bawah ini:


  3. Setelah anda membuat beberapa layer yang anda butuhkan. Pertama anda gunakan Layer As agar lebih mudah dibedakan garisnya, lalu buatlah garis As yang sesuai dengan bentuk denah anda dan jangan lupa juga berikan ukuran yang sesuai dengan denah anda dengan menggunakan perintah Line atau Polyline sesuai dengan keinginan. Seperti gambar di bawah ini:


  4. Buatlah kolom dengan ukuran 150x150. Mengapa saya menggunakan kolom 150x150 karena rencana rumah saya cuman 1 lantai. Menggunakan perintah Rectangle. Warnai kolom tersebut dengan menggunakan perintah Hatch warna sesuai dengan layer yang dibuat untuk kolom.


  5. Offset garis As ke kiri dan ke kanan dengan ukuran 0.750mm untuk membuat Dinding ukuran 150mm. Jangan lupa ganti Layer setiap membuat objek baru. Jika sudah membuat dinding, lalu anda Offset dinding tersebut dengan ukuran 0.020mm untuk membuat garis Acian.


  6. Berikutnya buat Kusen terlebih dahulu, nanti saya akan buatkan tutorialnya. Setelah dibuat tempatkan kusen pada denah anda sesuai dengan yang ingin anda tempatkan. Seperti gambar dibawah ini: 


  7. Berikan Furnitur dan teks pada denah yang sudah anda buat, untuk furnitur anda bisa download di google. 

  8. Berikan ukuran pada setiap kolom pembatas ruangan, dengan menggunakan perintah  DLI (Linear Dimension) untuk memberikan ukuran tegak lurus. seperti gambar di bawah ini:

Itulah sedikit tutorial cara membuat denah dari saya, terima kasih sudah mampir ke chanel saya. Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama